About

Kamis, 23 November 2017

OPINI



Kenapa Memilih Stembayo?
Apa sih yang membuat kita memilih bersekolah di Stembayo? Memang semua sekolah sama saja, namun ketika ada kesempatan untuk memilih pasti kita akan memilih. Sama seperti saat ini, kenapa Stembayo sedangkan masih banyak sekolah yang ada diluar sana? Mungkin karena Stembayo sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Jogja. Selain itu, Stembayo memang banyak diminati oleh anak–anak yang akan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kita tahu STEMBAYO adalah sekolah teknik/kejuruan, jadi setelah menamatkan sekolah kita siap untuk bekerja.
Banyak pendapat yang menyatakan bahwa setelah lulus SMK kita bisa langsung bekerja, padahal kenyataannya saat ini SMK dinomor duakan. Misalnya perusahaan yang mencari pegawai biasanya, pada syarat dituliskan “lulusan SMA sederajat” kenapa tidak SMK sederajat atau mungkin SMA/SMK sederajat? Padahal kita memilih SMK bukan dengan tujuan untuk dinomor duakan bukan?
Perbedaan pasti ada antara SMA dan SMK. Seperti mata pelajaran, di SMA tidak ada kejuruan, namun di SMK kejuruan adalah mata pelajaran yang sangat penting karena sangat dibutuhkan di lapangan kerja. Dan di SMA mata pelajaran yang digunakan ada 6 mapel, sedangkan SMK ada 4 mapel. Apa mungkin karena hal ini teman–teman memilih SMK ? hehehe...
Seperti penulis, penulis memilih stembayo karena alasan diatas dan juga atas rekomendasi dari keluarga. Teman–teman juga sama kan? Di Stembayo banyak pilihan jurusan. Area sekolah yang luas juga membuat siswa semakin leluasa untuk melakukan praktik kerja. STM Pembangunan sendiri tidak hanya ada di Yogyakarta, namun juga di beberapa kota lainnya.
Setiap sekolah juga memiliki keunggulan dan kekurangannya masing–masing. Tidak ada sekolah yang hanya mempunyai keunggulan saja namun tidak memiliki kekurangan. Ketika keunggulan itu kita banggakan mungkin akan sedikit membuat kita lupa tentang kekurangan sekolah yang kita banggakan. Namun upaya untuk mengunggulkan kualitas sekolah tidak akan terhenti. Sebagai seorang siswa kita hanya bisa belajar dengan sungguh – sungguh agar bisa mengharumkan nama sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

PROFIL

HAI! Perkenalkan namaku Ani. Aku siswi SMK Negeri 2 Depok Sleman (STM Pembangunan Yogyakarta) jurusan Kimia Industri. Di blog pribadiku i...